Manchester United Tumbang, Man City Juara Liga Premier 2020/21

share on:
Manchester City juara Liga Inggris 2020-2021. (TWITTER @MANCITY)

UPDATEINDONESIA.COM- Manchester City resmi menyegel trofi Liga Premier untuk kelima kalinya dalam 10 musim. 

Poin The Citizens tidak mungkin terkejar oleh pesaingnya, Manchester United yang tumbang 1-2 dari  Leicester City di Old Trafford, Selasa (11/5/2021).

Dengan menyisahkan tiga laga dan koleksi 70 poin, pasukan Ole Gunnar Solskjaer mustahil menggeser Man City yang bertengger di puncak dengan torehan 80 angka.

Melansir dari laman premierleague.com. Selani mengunci gelar, Tim besutan Pep Guardiola berhasil menorehkan sejumlah rekor di musim 2020/21

Gelar kelima Liga Premier menempatkan Man City sejajar dengan Chelsea sebagai tim dengan gelar terbanyak kedua di Liga Premier. Keduanya terpaut 13 gelar dari Manchester United.

Man City menjadi tim pertama dalam sejarah Liga Premier yang mampu mengunci gelar  setelah berada di urutan kedelapan pada Hari Natal. 

Sebelumnya, hanya dua tim dalam sejarah kompetisi yang setidaknya tertinggal delapan poin dari pemuncak klasemen pada tahap ini yang mampu memenangkan liga, yakni Arsenal pada 1997/98 (13 poin), dan Man Utd pada 1995/96 (10).

Man City menikmati 15 kemenangan di Liga Premier, dan diakhiri dengan kekalahan kandang 2-0 oleh Man United pada Maret lalu.

Catatan itu hanya diungguli dalam tiga kesempatan sepanjang perhelatan Liga Premier. Liverpool dan Man City, keduanya 18 kali meraih kemenangan beruntun. The Reds juga menang 17 kali berturut-turut pada 2019.

Pep Guardiola menjadi manajer keempat yang mampu memenangkan tiga gelar Liga Premier, bersama dengan Sir Alex Ferguson (13), Arsene Wenger dan Jose Mourinho (masing-masing tiga). The Blues menjuarai Liga Inggris bersama Guardiola pada 2017-2018, 2018-2019, serta 2020-2021.

Pelatih berkebangsaan Spanyol ini mengaku mengatakan, membawa timnya menjadi juara Liga Premier musim 2020/21 adalah yang tersulit dari tiga gelar yang ia menangkan bersama klub.

"Ini telah menjadi musim dan gelar Liga Premier tidak seperti yang lain. Ini yang tersulit. Kami akan selalu mengingat musim ini dengan cara kami menang,” kata Guardiola di situs resmi klub.

Ia menegaskan liga domestik selalu menjadi prioritasnya. Meskipun Man City memiliki kans mengawinkan trofi Liga Champions UEFA pertama dengan Liga Premier dan Piala EFL musim ini.

"Pada awal setiap musim, Liga Premier adalah gelar terpenting bagi kami. Ini adalah gelar di mana Anda harus berada di sana setiap tiga hari, bermain dengan semua rival Anda di kandang dan tandang. Hanya dengan menjadi yang terbaik, minggu demi minggu, Anda dapat memenangkan kompetisi ini. Ini sukses besar,” ujar Guardiola. (*)