Marquez Kunci Gelar MotoGP 2019

share on:
Marc Marquez rayakan MotoGP 2019

UPDATEINDONESIA.COM,- Usai sudah perburuan titel juara MotoGP 2019. Adalah pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez yang sukses mengunci gelar juara dunia MotoGP di sirkuit Internasional Buriram, Thailand, Minggu (6/10).

Rider asal Spanyol telah mengumpulkan 325 poin di klasemen MotoGP dengan empat seri tersisa. Dia tidak mungkin dikejar oleh rivalnya, Andrea Dovizioso yang defisit 110 poin, yakni 215 poin.

Dengan demikian, rider berusia 26 tahun itu mampu melewati rekor juara dunia kelas primer Grand Prix milik legenda Honda Mick Doohan dengan lima gelar. Torehan Marquez hanya terpaut dua gelar dari Giacomo Agostini dan satu gelar dari Valentino Rossi.

Belum berakhir sampai disitu, Marquez juga menjadi pembalap termuda yang mampu mengoleksi enam gelar juara dunia MotoGP dengan 26 tahun dan 231 hari. Dia juga menjadi pembalap termuda yang mampu merebut delapan gelar juara dunia Grand Prix.

Selanjutnya, Marquez menyamai rekor enam gelar juara dunia Valentino Rossi di era MotoGP. Marquez dan Rossi saat ini tercatat sebagai pembalap tersukses sepanjang era MotoGP.

Catatan lain Marquez adalah menyamai rekor Rossi sebagai pembalap yang mampu merebut gelar juara dunia tercepat di era MotoGP dengan empat seri tersisa. Rossi melakukannya pada 2005.

Marquez juga berhasil merebut setidaknya lima kemenangan di kelas primer Grand Prix dalam tujuh musim beruntun, mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Rossi (2001-2016) dan Agostini (1967-1972).

Marquez merupakan satu dari enam pembalap yang mampu merebut delapan gelar juara dunia Grand Prix atau lebih bersama Carlo Ubbiali 9 gelar, Mike Hailwood 9 gelar, Valentino Rossi 9 gelar, Angel Nieto 13 gelar, dan Giacomo Agostini 15 gelar.

Marquez telah memenangkan setidaknya lima Grand Prix di kelas utama selama tujuh tahun terakhir berturut-turut, mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang Valentino Rossi (2001 hingga 2006) dan Giacomo Agostini (1967-1972), yang masing-masing memenangkan setidaknya lima Grand Prix kelas utama di enam tahun berturut-turut

Marquez memegang rekor posisi pole kelas utama, yaitu 61 pole. Marquez telah memenangkan lebih banyak balapan MotoGP daripada pembalap lain musim ini, yakni sembilan kemenangan.

Dia juga mencetak podium terbanyak (14) dan mengambil pole terbanyak (sembilan) pada 2019. Kemudian memenangkan 17% dari semua balapan MotoGP yang diadakan sejak tahun 2002. (**/Rus/berbagai sumber)


share on: