Melahing Tersisih, Desa Pela Top 50 Besar ADWI 2022

share on:
Danau Semayang dan Desa Wisata Pela, Kalimantan Timur

UPDATEINDONESIA.COM- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI telah mengumumkan Top 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Dari deretan itu terselip nama Desa Pela, salah satu daerah di pinggiran sungai Mahakam. Konon, mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan.

Bahkan menjadi bagian dari 12 desa berpenduduk etnis etnis Kutai dan banjar di Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Penduduk Desa Pela terbagi atas 6 rukun tetangga (RT) dengan jumlah 164 kepala keluarga serta 572 jiwa. 

Aktivitas masyarakat Desa Pela didominasi tangkap ikan dan sangat bergantung pada sungai Pela dan danau Semayang. Desa wisata pela juga menjadi daerah konservasi Dan Pelestarian Pesut Mahakam.

Dari letak geografis, Desa Pela sebelah utara berbatasan dengan Muhuran, sebelah selatan Sangkuliman, sebelah barat dengan Semayang, dan sebelah timur dengan Liang Ulu.

Desa Pela ditetapkan sebagai desa wisata berbasis danau dengan ekosistem pesut, sesuai Keputusan Bupati Kutai Kartanegara Nomor 250/SK-BUP/HK/2019 tentang lokasi desa wisata.

Sebelumnya, tiga desa wisata di Kaltim masuk 100 besar ADWI yakni Desa Wisata Pela di Kabupaten Kutai Kartanegara, Desa Wisata Melahing di Bontang, dan Desa Wisata Teluk Harapan di Kabupaten Berau.

"Namun setelah penilaian lebih lanjut tim Kemenparekraf, hanya Desa Wisata Pela yang lolos ke 50 besar anugerah desa wisata," kata Plt Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim Irvan Rivai pada  Rabu (27/4/2022).

Irvan menambahkan, awalnya lebih dari 70 ribu desa di Indonesia terjaring menjadi 3.416 peserta Desa Wisata dari 34 Provinsi dalam ajang ADWI 2022. Kemudian setelah mengikuti berbagai rangkaian kurasi oleh tim Kemenparekraf dari 500 menjadi 300, lalu 100 hingga dikerucutkan lagi menjadi 50 besar.

"Kami patut berbangga karena pada tahun ini berhasil lolos hingga tahap 50 besar. Jika dibanding dengan tahun lalu, hanya sampai di tahap 100 besar. Saya berharap desa wisata Pela terus berbenah dan berinovasi sehingga bisa meraih hasil maksimal dalam ADWI 2022,” harapnya.