Membendung Laju Penularan Covid-19

share on:
Penyekatan Jalan mengurangi mobilitas masyarakat di kota Bontang, Kalimantan Timur.

UPDATEINDONESIA.COM- Pemerintah memutuskan memberlakukan Pembatasan Mobilitas Masyarakat melalui PPKM Darurat di beberapa daerah dalam menekan laju penyebaran virus corona. Kebijakan ini ditarget mampu menekan jumlah kasus penularan harian hingga 10 ribu kasus per hari pada Agustus mendatang.

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dedy Permadi mengatakan saat ini kasus penularan Covid-19 di Indonesia berada di atas 30 ribuan kasus per hari. Untuk mencapai angka 10 ribu per hari tersebut, pemerintah perlu menurunkan mobilitas masyarakat sampai dengan 50 persen. 

“Tidak cukup 30 persen seperti di awal tahun saat menekan lonjakan kasus pasca libur natal dan tahun baru,”  ujar Dedy seperti dilansir infopublik.id, Senin (12/7).

Selain itu, kata dia, sembari PPKM Darurat. Pemerintah juga mesti meningkatkan testing dan tracing, yaitu 4 kali lipat dibandingkan masa sebelum PPKM Darurat. Sehingga hasil yang didapatkan nantinya adalah angka konkret yang betul-betul mengindikasikan turunnya tingkat penularan.

Berdasarkan laporan mobilitas masyarakat melalui pemantauan satelit dan berbagai sumber menunjukkan rata-rata pergerakan ke kantor menurun sekitar 30 persen. Sedangkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum turun 40 persen.

“Angka penurunan tersebut perlu terus diperbesar,” tegasnya.

Dedy menyampaikan bahwa Koordinator PPKM Darurat yang juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan telah meminta kepada pemerintah daerah untuk mengejar target tersebut. 

“Jika target bisa tercapai maka PPKM Darurat bisa berakhir pada 20 Juli nanti, dan tidak perlu diperpanjang,” sambungnya.

Sedangkan untuk perkembangan vaksinasi, pemerintah berharap penyuntikan dua juta dosis per hari bisa tercapai pada Agustus mendatang. (sena) 

 

Daftar 15 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali yang diwajibkan PPKM Darurat mulai 12 Juli 2021;

 1. Kalimantan Barat: Kota Pontianak

2. Kalimantan Barat: Kota Singkawang

3. Kalimantan Timur: Kota Balikpapan

4. Kalimantan Timur: Kota Bontang

5. Kalimantan Timur: Berau

6. Kepulauan Riau: Kota Batam

7. Kepulauan Riau: Kota Tanjung Pinang

8. Lampung: Kota Bandar Lampung

9. NTT: Kota Mataram

10. Papua Barat: Kota Sorong

11. Papua Barat: Manokwari

12. Sumatera Barat: Kota Bukittinggi

13. Sumatera Barat: Kota Padang

14. Sumatera Barat: Kota Padang Panjang

15. Sumatera Utara: Kota Medan