Mengenalkan Potensi Wisata Alam Kaltim Lewat International Ultra Trail Bontang

share on:
Panitia penyelenggara Ultra Trail Internasional Bontang 2022 foto bareng dengan pelari ultra marathon asal Jerman,  Thimo Kilbert dan pelari ultra marathon asal Amerika Serikat,  Foon Fu

UPDATEINDONESIA.COM- Event Ultra Trail Internasional Bontang atau International Ultra Trail Bontang (IUTB) yang digagas Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) Bontang kian matang. Kompetisi ini digelar pada 16 Oktober 2022.


Ketua ALTI Bontang, Bripka Ahmad Bajuri mengatakan event perdana di Kaltim ini terselenggara berkat dukungan sponsor dalam rangka memperingati HUT ke-23 Kota Bontang.


“Jumlah peserta sekitar 314 orang, baik putri maupun putra,” ujar Bajuri saat jumpa pers di Ballroom Hotel Grand Equator, Bontang, Sabtu (15/10/2022) siang.


Tidak hanya itu, event ini juga bakal diikuti pelari ultra marathon nasional maupun mancanegara. Seperti Thimo Kilbert dari Jerman, Foon Fu dari Amerika Serikat, dan Mariko Murata dari Jepang.


Sedangkan pelari nasional ada Ruth Theresia, Sobari Herdiana dan Sodiri Haerudin dari Bandung, Rahmat dari Makassar, Septiana Nia S dari Depok, dan Ahmad Nizar dari Bontang.


“Kompetisi terbagi dalam tiga kategori, meliputi jarak tempuh 12 kilometer (Trail Run), 21 kilometer (Trail Half Marathon), hingga 60 kilometer (Trail Ultra Marathon),” tutur Bajuri.


Tiap rute bakal melewati hutan tropis Bontang dan Kutim. Wakil Ketua Panitia Penyelenggara, Lukman berharap jalur alami tersebut dapat menghadirkan sensasi dan tantangan tersendiri bagi peserta.


“Tujuan even ini selain selaras dengan tema HUT ke-23 Kota Bontang yakni  Pariwisata Maju, UMKM Bangkit. Juga sebagai upaya untuk memperkenalkan potensi destinasi alam Kaltim di kanca Internasional,” kata Lukman.


Sementara itu, pelari ultra marathon asal Jerman, Thimo Kilbert mengaku sengaja jauh-jauh datang ke Kalimantan Timur demi mengikuti event ini. Pun dia takjub melihat rute International Ultra Trail Bontang 2022. 


“Sedikit khawatir faktor cuaca. Semoga besok mendung biar gak kepanasan,”  harap Thimo. Begitupun Foon Fu. (*)