Mimpi Inggris Kandas, Italia Juara Euro 2020

share on:
Timnas Italia merayakan kemenangan 3-2 atas Inggris lewat drama adu penalti 

UPDATEINDONESIA.COM- Laga sengit tersaji pada partai puncak Piala Eropa (EURO) 2020 di di Stadion Wembley, London, Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Laga baru berjalan 2 menit, Luke Shaw sudah membawa Inggris unggul 1-0 atas Italia di babak pertama. Pemain kelahiran 12 Juli 1995 itu berhasil memaksimalkan umpan silang Trippier dari kiri kanan pertahanan Italia.

Shaw yang tak terkawal menyambar bola dengan tendangan first time dan tak mampu dihalau  gawang Donnarumma. Italia merespon dengan meningkatkan intensitas serangan, mereka mengurung pertahanan Inggris. Skor 1-0 untuk Inggris bertahan penghujung babak pertama.

Memasuki babak kedua, Roberto Mancini melakukan rotasi pemain. Ciro Immobile ditarik keluar dan digantikan oleh Domenico Berardi. Kemudian mengganti Nicolo Barella dengan Bryan Cristante pada menit ke-55. 

Taktik Mancini terbukti mampu memberikan angin segar lini serang Gli Azzurri yang terus mengobrak-abrik pertahanan Inggris. Gol penyama kedudukan pun tercipta melalui kaki Leonardo Bonucci pada menit 67. Bek Juventus itu berhasil menyambar bola liar di depan gawang Inggris yang berawal dari tendangan sudut.

Skor 1-1 membuat tensi pertandingan semakin tinggi. Kedua tim terlihat saling jual beli serangan. Namun skor 1-1 tetap bertahan hingga wasit meniup peluit akhir babak kedua.

Laga akhirnya dilanjutkan lewat babak perpanjangan 2x15 menit. Sayang, kedua tim tetap bermain imbang. Pemenang terpaksa ditentukan lewat drama adu penalti.

Dalam drama adu penalti, Inggris sempat berada di atas angin saat penendang kedua Italia, Andrea Belotti gagal menjalankan tugasnya. Situasi berbalik saat tiga penendang Inggris, Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka gagal menjebloskan bola.

Tendangan Marcus Rashford membentur tiang. Sementara sepakan Jadon Sancho dan Bukayo Saka berhasil ditepis Gianluigi Donnarumma. Dari kubu Inggris, hanya Harry Kane dan Harry Maguire yang mampu menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Sementara tiga penendang penalti Italia, Domenico Berardi, Leonardo Bonucci, dan Federico Bernardeschi bisa menjalankan tugas dengan baik. Hanya Andrea Belotti dan Jorginho yang gagal karena tendangannya bisa dibaca Pickford. Italia berhasil keluar sebagai kampiun dengan skor 3-2 atas Inggris. 

Italia telah memenangkan gelar Kejuaraan Eropa kedua, dan yang pertama dalam 53 tahun (juga 1968). ini adalah jarak terpanjang antara kejuaraan di turnamen oleh satu negara. Bahkan melampaui penantian 44 tahun Spanyol dari 1964 hingga 2008.

Selain itu, hasil ini juga membawa Italia memenangkan gelar turnamen besar keenam (4 Piala Dunia, 2 EURO) di antara negara-negara Eropa.

Dalam daftar juara Piala Eropa, Jerman dan Spanyol menjadi yang tersukses sejak kejuaraan tersebut digelar pada 1960. Sementara Inggris belum pernah mencicipi gelar ini. (sena)