Motor Listrik Jokowi Laku Rp2,55 Miliar

share on:
Jokowi Tanda Tangani Motor Listrik Gesits.

 

UPDATEINDONESIA.COM- Motor listrik Gesits bertanda tangan Presiden Joko Widodo terjual seharga Rp2,55 miliar dalam konser amal virtual "Berbagi Kasih Bersama Bimbo"

Pemenang lelang skuter bertenaga baterai yang disumbangkan Presiden Joko Widodo itu dimenangkan oleh pengusaha asal Jambi bernama M. Nuh.

Dalam lelang tersebut, M. Nuh berhasil mengalahkan pengusaha Manado, Gabrielle Mewengkang yang mengajukan penawaran Rp 2,5 miliar dan Maruarar Sirait Rp2,2 miliar serta Warren Tanoesoedibjo Rp 1,55 miliar.

Sebelum jatuh ke tangan M. Nuh, penawaran Motor listrik Gesits milik Presiden Jokowi mulanya dibuka seharga Rp500 juta, karena banyak peminat, maka nilai penawaran naik menjadi Rp 700 juta, Rp 1 miliar hingga Rp2,55 miliar. 

“Hasil lelang motor listrik Jokowi akan didonasikan,” kata Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo sebagai inisiator konser amal.

Sebelumnya, lelang di konser Berbagi Kasih Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona digelar, Minggu (17/5) malam. Konser virtual itu mengajak masyarakat untuk menyisihkan sebagian rezekinya untuk membantu para seniman dan pekerja seni yang terdampak pandemi COVID-19.

Donasi yang terkumpul nantinya disalurkan kepada para seniman dan pekerja seni melalui Yayasan Generasi Lintas Budaya pimpinan aktris Olivia Zalianty.

Dilansir dari laman oto.detik.com, Gesits merupakan motor listrik yang murni buatan Indonesia. Sebelum dipasarkan, motor listrik ini dikembangkan dengan melibatkan berbagai pihak.

Motor listrik nasional Gesits awalnya dikembangkan oleh Garansindo yang sudah malang melintang di dunia otomotif dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Jawa Timur. 

Awalnya, Gesits pun merupakan gabungan dari Garansindo dan ITS yakni Garansindo Electric Scooter ITS yang disingkat Gesits. Namun seiring perjalanannya menggandeng universitas dan perusahaan BUMN, identitas Gesits berubah, tak lagi soal Garansindo dan ITS.

Kini, Gesits bukan lagi singkatan Garansindo-ITS. Nama itu sudah menjadi merek motor buatan Indonesia. Selain dengan ITS, dengan bantuan Kemenristekdikti, Gesits juga mendapat uluran tangan dari Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). 

Sejumlah BUMN besar pun bergabung menyumbangkan keahliannya seperti PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi (WIKON), PT Pindad (Persero), PT Len Industri (Persero), PT Pertamina (Persero), PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) yang diwakili PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

Motor listrik Gesits kali pertama diluncurkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 lalu oleh PT Gesits Technologies Indo (GTI). Di awal peluncurannya, skuter Gesits dibanderol Rp 24.950.000 dengan status off the road.

Secara spesifikasi, motor Gesits merah milik Jokowi ini menggunakan baterai lithium ion. Sekali cas hingga baterai penuh, motor listrik ini bisa menempuh jarak hingga 80-100 km.

Skuter listrik ini memiliki waktu pengecasan baterai sekitar 1,5-3 jam. Kecepatannya sendiri setara dengan kendaraan roda dua berkapasitas 125 cc yang bisa melaju sampai 100 km/jam.

Motor listrik ini pernah menjajal lingkungan Istana Negara pada 2018 lalu. Kala itu Jokowi untuk pertama kalinya menjajal motor listrik buatan anak bangsa Gesits di Istana Negara. (*)


share on: