PT BME Berencana Merambah Bisnis Pertashop

share on:
Direktur PT BME Siti Hamnah rapat dengar pendapat dengan Gabungan Komisi di DPRD, Senin (9/5/2022).

UPDATEINDONESIA.COM- Perusahaan Jaringan Gas (Jargas) Rumah Tangga,  PT Bontang Migas dan Energi (BME)  berencana merambah bisnis Pertamina Shop (Pertashop).


Pertashop merupakan outlet penjualan BBM non subsidi, LPG non subsidi, dan produk ritel Pertamina lainnya. Harga yang dipasarkan sama dengan di SPBU Pertamina Reguler.


“Kalau pengembangan bisnis dalam waktu dekat mungkin Pertashop,” tutur Direktur PT BME Siti Hamnah usai rapat dengar pendapat dengan Gabungan Komisi di DPRD beberapa waktu lalu.


Siti Hamnah menilai bisnis Pertashop memiliki manajemen risiko yang rendah, murah, dan eksklusif. Selain itu, potensi pengembalian modal juga cepat.


“Untuk lokasi kemungkinan di arah Bontang Kuala,” ujarnya.


Kinerja PT BME mulai moncer dalam dua tahun terakhir. Itu setelah berhasil melunasi tunggakan hutang sebanyak Rp3,3 M. Kemudian pada 2021, BUMD tersebut membukukan laba bersih sebesar Rp2,5 miliar. 


Dari jumlah itu, 45 persen atau sekitar  Rp1.1 miliar disetor sebagai dividen ke pemilik saham pada akhir April lalu. Diketahui, 99 persen saham PT BME milik Pemkot Bontang. Selebihnya Koperasi Praja Sejahtera


Angka penilaian kesehatan perusahaan BME juga berada diangkat 61,4 persen dan 56,6 persen pada 2020. Angka tersebut meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, yakni berkutat di angka 31 persen.