Puan Maharani, Perempuan Pertama Yang Jabat Ketua DPR RI

share on:
Pimpinan DPR RI masa bakti 2019-2024 (Foto : Jaka/mr)

UPDATE.JAKARTA - Puan Maharani Nakshatra Kusyala, perempuan pertama yang memimpin DPR RI setelah resmi dilantik dalam sidang paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (1/10).

Putri dari Presiden indonesia ke-5 Megawati Sukarno Putri sekaligus cucu Presiden Indonesia pertama Sukarno ini resmi ditetapkan sebagai Ketua DPR periode 2019-2024.

Jebolan Ilmu Komunikasi Massa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Indonesia ini berhasil mengikuti jejak sang ibu yang menjadi perempuan pertama yang menjadi Presiden Indonesia.

Selama lima tahun kedepan, politisi PDI-P ini akan ditemani empat Wakil Ketua yaitu Aziz Syamsuddin dari Fraksi Golkar, Rachmad Gobel dari Fraksi NasDem, Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Gerindra, dan Muhaimin Iskandar dari Fraksi PKB.

Pada pemilu 2019, Puan menjadi caleg perolehan suara terbanyak, 404.034 suara di dapil Jawa Tengah V, meliputi Kabupaten Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Kota Surakarta.

Hasil ini mengantarkan Puan Maharani kepucuk pimpinan DPR. Selain itu, hal ini juga tidak terlepas dari keberhasilan PDI-P menjadi partai pemenang pemilu 2019.

Dikursi senayan, mantan Menteri Koodinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) bukanlah orang baru.

Puan pertama kali ikut pemilu pada 2019 dan terpilih dengan perolehan 242.504 suara dan ditempatkan di Komisi IV DPR  yang mebidani pertanian, pangan, maritim, dan kehutanan.

Di periode berikutnya, Puan kembali terpilih setelah mempeoleh total 369.927 suara dan ditempatkan di Komisi VI DPR yang membidangi industri, investasi, dan persaingan usaha.

Tak brselang lama, ia ditunjuk menjadi Menteri Koordinator Bidang PMK di kabinet kerja Presiden Joko Widodo periode 2014-2019, lalu mengudurkan diri karena diamanahkan menjadi ketua DPR RI. (Rus)

Sumber : dpr.go.id


share on: