Pupuk Kaltim Bukber Online Bareng Wartawan

share on:

UPDATEINDONESIA.COM- Tradisi buka puasa bersama atau bukber sekaligus menjalin silaturahmi menjadi hal paling dinantikan tiap umat muslim dunia ketika momen Ramadhan tiba.

Sayangnya momen Ramadhan tahun ini dibarengi pandemi Covid-19. Imbasnya masyarakat dituntut menghindari kerumunan atau Social distancing.

Sebagai gantinya, kegiatan bukber bareng bergeser dari kumpul bareng ke virtual online. Seperti yang digagas PT Pupuk Kaltim baru-baru ini.

Produsen pupuk ternama di Bontang, Kaltim ini menggelar ‘Bukber Online’ bareng wartawan, Sabtu (16/5). Teknisnya, bukber di rumah masing-masing, dibarengi sharing session oleh jajaran manajemen PT Pupuk Kaltim. Sebelumnya, Pupuk Kaltim terlebih dahulu menyalurkan menu bukber kepada wartawan.

“Pandemi Covid-19 tidak mengurangi nilai silaturahmi,” terang Manager Humas Pupuk Kaltim, Wahyudi mengawali sambutan.

Ia mengapresiasi kinerja wartawan yang selama ini menjadi rekan perusahaan dalam menyampaikan informasi akurat dan berimbang kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan hubungan baik ini semakin erat dan wartawan senantiasa diberikan kesehatan dalam bertugas,” harapnya.

Sementara itu, Sekper Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo Pupuk Kaltim menambahkan, Pupuk Kaltim tidak hanya menerapkan protokol kesehatan Covid-19, seperti pencegahan dan penanganan di lingkungan perusahaan. 

Melainkan aktif membantu pemerintah mengatasi dampak pandemi wabah virus ini. Selain itu perusahaan juga memberdayakan mitra binaan dalam penyaluran bantuan kepada warga yang terdampak. 

“Total bantuan yang telah tersalurkan melalui CSR dan UPZ  perusahaan hingga bulan Mei ini sebanyak Rp4,71 miliar untuk APD, konsumsi, dan alat kesehatan,” tungkasnya.

Sedangkan upaya preventif yang dilakukan Pupuk Kaltim di internal perusahaan diantaranya Work From Home dan Work From Office, penetapan wilayah steril dengan desinfeksi terhadap ruang kerja dan alat-alat perusahaan, pengukuran suhu tubuh karyawan sebelum memasuki area kantor. “Karyawan tidak diperkenankan ke luar kota, kecuali emergency,” lanjut Soesilo.

Penjagaan ketat turut dilakukan di dermaga Pupuk Kaltim. Kapal domestik maupun dari luar negeri yang bersandar tidak sembarangan. ABK kapal tidak boleh ke darat. “Kalaupun diharuskan, mereka wajib mengenakan APD dan dalam pengawasan ketat,” tegas Soesilo.

Buka puasa virtual ini juga diisi dengan tausiyah agama yang disampaikan oleh Ustadz Bukhori. Dilanjutkan dengan games berhadia yang dipandu oleh jajaran Humas PKT, Navra Kharisma dan Ade Kurniawan. (rus)


share on: