Pupuk Kaltim Dukung Erau Pelas Benua Guntung

share on:
Direktur Produksi PT Pupuk Kalimantan Timur, Bagya Sugihartana ikut menyalakan obor brong sebagai tanda dimulainya Erau Pelas Benua Guntung (Foto-Fauzi/ Dok.Humas PKT)

UPDATE.BONTANG- Event Erau Pelas Benua Guntung kembali digelar ke 17 kalinya sejak 2012. Agenda tahunan masyarakat Kutai ini di dibuka secara resmi oleh Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, di Panggung Adat Kelurahan Guntung Kecamatan Bontang Utara, Selasa (3/9) pagi. 

Dihadiri kerabat Kesultanan Ing Martadipura yang dipimpin penasehat kesultanan Aji Pangeran Aryo Kusumo Putro didampingi Aji Pangeran Kusumo Puger, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Bontang, perwakilan manajemen perusahaan, tokoh masyarakat, tokoh agama, jajaran pengurus lembaga adat Kutai.

Ketua Panitia Erau Pelas Benua Guntung, Bambang Darmawi mengatakan pesta budaya masyarakat Kutai ini terlaksana berkat dukungan pemerintah dan sejumlah perusahaan, terutama PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT).

"Ucapan terima kasih kami haturkan kepada Direksi dan jajaran Manajemen PT Pupuk Kaltim yang senantiasa membantu fasilitas yang diperlukan, baik dari dalam bentuk akomodasi maupun uang tunai," ucap Bambang Darmawi.

Direktur Produksi PT Pupuk Kalimantan Timur, Bagya Sugihartana (Kemeja Biru/baris ke-8 dari kanan) bersama pemerintah Kota Bontang, para kerabat kesultanan Ing Martadipura, FKPD, dan jajaran pengurus Lembaga Adat Kutai Guntung (Foto-Fauzi/Dok.Humas PKT) 

Saat dikonfirmasi, General Manager (GM) PT Pupuk Kalimantan Timur, Nur Sahid membenarkan keterlibatan perusahaan tempatnya bekerja dalam kegiatan ini. 

"Iya benar, Pupuk Kaltim terlibat langsung dan benar-benar satu perahu bersama warga Guntung dalam mensukseskan Erau Pelas Benua ini," tutur Nur Sahid. 

Nur Sahid memaparkan alasan PT Pupuk Kaltim mau terlibat langsung dalam kegiatan Erau ini karena, pertama Pupuk Kaltim merasa sehati dengan warga Guntung.

Kedua, Pupuk Kaltim telah merasa satu jiwa dengan warga Guntung karena bersentuhan langsung dengan perusahaan. 

Adapun total bantuan yang disalurkan PT Pupuk Kaltim dalam kegiatan ini mencapai Rp 100 juta. Rinciannya terdiri dari uang tunai senilai Rp50 juta dan sejumlah fasilitas penunjang, seperti biaya transportasi, penginapan, konsumsi dan biaya akomodasi lainnya. 

"Ini bukti dan komitmen bahwa Pupuk Kaltim sangat serius melestarikan salah satu kearifan lokal yang ada di Bontang," tutur Nur Sahid

Patut diingat bahwa Erau Pelas Benua Guntung merupakan salah satu pesta budaya bagi masyarakat Kutai yang ada di Bontang. Event ini digelar selama sepekan ke depan, mulai dari 3-8 September 2019.

Belakangan, agenda tahunan ini menjadi ciri khas pemerintah kota dalam mendorong kemajuan sektor pariwisata dan kebudayaan lokal, sekaligus sebagai ajang promosi International Folk Arts Festival (EIFAF). (Sena)


share on: