Raih Opini WTP Sejak 2014, Tata Kelolah Keuangan Pemkot Bontang Dinilai Bersih Dari KKN

share on:
Wali Kota Bontang Basri Rase (dua dari kiri) saat menerima laporan hasil Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2020.

UPDATEINDONESIA.COM– Pemkot Bontang, Kalimatan Timur kembali mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Pencapaian ini berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2020.

Anugrah Opini WTP ini diterima oleh Wali Kota Bontang Basri Rase dari Kepala BPK RI Perwakilan Kalimantan Timur Dadek Nandimar, disaksikan oleh Wakil Wali Kota Bontang Najirah, Ketua DPRD Kota Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam, dan Inspektorat, di Kantor BPK Jalan Moh Yamin Samarinda, Senin (31/5/2021).

Berdasarkan catatan updateindonesia.com, Pemkot Bontang meraih Opini WTP sebanyak tujuh kali secara beruntun sejak 2014. Wali Kota Basri menyampaikan keberhasilan pengelolaan keuangan ini karena Pemkot Bontang memaksimalkan peran strategis, akuntabilitas, dan transparansi.

"Alhamdulillah, ini menjadi pelecut semangat seluruh pejabat di lingkungan Pemkot Bontang untuk terus menjaga sistem pelaporan dan sistem akuntansi pengelolaan keuangan daerah yang baik," kata Basri.

Wakil Wali Kota Bontang periode 2016-2021 ini juga berterima kasih kepada jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah bekerja keras menjaga predikat WTP hingga tujuh kali. "Terima kasih pula kepada teman-teman di OPD yang telah bersungguh-sungguh berkomitmen dalam menjaga laporan keuangan pemerintah yang lebih baik," tutup Basri.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam mengapresiasi pencapaian Pemkot Bontang dalam pengelolaan keuangan.

“Saya ucapkan selamat dan apresiasi atas WTP yang kembali diraih oleh Pemkot Bontang. Tentu ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa karena didapatkan di tengah pandemi Covid-19,” ucap putra dari mantan Wali Kota Bontang Andi Sofyan Hasdam dan Neni Moerniaeni ini.

Andi Faiz juga mengharapkan prestasi yang sudah diraih Kota Bontang sejak tahun 2014, bisa dipertahankan. Agar pengelolaan keuangan lebih baik lagi kedepannya. “Semoga Pemkot Bontang bisa mempertahankan WTP ini, sehingga pengelolaan keuangan bisa lebih baik lagi dan lebih transparan,” harapnya. 

Opini Wajar Tanpa Pengecualian, atau WTP adalah opini audit yang diterbitkan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material. Jika laporan keuangan diberikan opini jenis ini, artinya auditor meyakini berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan. Pemerintah dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik. (hms9/update)