Resep Nasi Bekepor, Warisan Para Raja di IKN Nusantara

share on:
Nasi Bekepor, warisan nusantara dari Kalimantan Timur

UPDATEINDONESIA.COM- Indonesia adalah negara dengan kekayaan kuliner melimpah. Bentang alam mulai pantai hingga pegunungan memberi pengaruh besar kepada cita rasa setiap masakan.


Dalam tiap kuliner terdapat penggunaan biodiversitas Nusantara. Berkelindang aneka bumbu dan rempah beruntai memberi kekuatan cita rasa bagi tiap kuliner yang dihasilkan.


Nah, yang satu ini adalah menu khas warisan kerajaan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur, yakni Nasi Bekepor. Makanan khas Kaltim atau IKN ini menyerupai nasi liwet yang disajikan dengan sayuran, lauk pauk dan sambal.


Konon, dulunya Nasi Bekepor hanya disajikan kepada anggota kerajaan saja. Namun di era sekarang sudah bisa dinikmati oleh siapa saja. Bagi kamu yang penasaran bisa membuatnya dirumah.


Bahan membuat nasi Bekepor :

  1. 250 gram beras putih, cuci bersih

  2. 1 lembar daun salam

  3. 1 lembar daun pandan, potong - potong

  4. 3 sdm minyak sayur

  5. 1 sdt garam

  6.  300 ml air

  7. 50 gram ikan asin gabus

  8. 15 lembar daun kemangi

  9. 4 buah cabe rawit, iris bulat tipis

  10. ½ buah jeruk nipis, ambil airnya

Bahan membuat sambal raja :

  1. 1 buah terong, potong dadu

  2. 6 lonjor kacang panjang di potong - potong

  3. 6 siung bawang merah, belah 4 bagian

Bumbu halus  membuat nasi bakepor :

  1. 10 buah cabe rawit

  2. 10 buah cabe merah besar, buang biji

  3. 1 buah jeruk limau

  4. Terasi secukupnya

  5. Garam secukupnya

  6. Gula pasir secukupnya

Cara membuat nasi Bakepor khas Kaltim

  1. Bersihkan ikan gabus lalu goreng ikan asin gabus, angkat, dan tiriskan. Setelah dingin Suwir – suwir ikan gabus lalu sisihkan terlebih dahulu.

  2. Selanjutnya yaitu membuat nasi Bakepor yaitu siapkan panci tebal lalu masukan beras, minyak, air, daun pandan, daun salam dan garam. Masaklah dengan api kecil sembari diaduk - aduk lalu angkat. Setelah diangkat masukkan daun kemangi, ikan asin suwir, cabai, dan air jeruk nipis lalu aduk hingga benar – benar rata. Setelah itu tutup panci lalu masak dengan api yang sangat kecil hingga nasi matang lalu setelah matang buka tutup panci lalu biarkan hingga permukaan nasi tampak kering dan bagian pinggirnya berkerak lalu matikan api.

  3. Cara untuk membuat sambal raja yaitu goreng kacang panjang, terong dan bawang merah sebentar dengan minyak yang panas. Setelah digoreng tiriskan terlebih dahulu. Selanjutnya ulek cabai rawit, terasi, cabai merah, garam, dan gula pasir secukupnya lalu beri perasan jeruk limau.  Setelah di peras kulit jeruk limau diiris halus dan sisihkan terlebih dahulu.

  4. Langkah selanjutnya tumis sambal hingga tercium aroma sedap lalu masukan kacang panjang, bawang merah dan terong, aduk hingga rata lalu angkat. Tambahkan rajangan kulit jeruk ke dalam sambal lalu aduk – aduk hingga merata dan sambal raja pun jadi.

  5. Sajikan nasi Bekepor di atas piring lalu taruhlah sambal di atasnya. Selamat mencoba !