Setelah Tugasnya Selesai, Nursalam Ingin Jadi Anggota Biasa

share on:
Ketua DPRD Bontang, Nursalam saat memimpin paripurna pelantikan dan pengambilan sumpah anggota DPRD terpilih periode 2019-2024

UPDATE.BONTANG - Masa tugas Nursalam sebagai Ketua DPRD Sementara di Bontang berada di ujung tanduk.

Posisinya bakal digantikan oleh seniornya dari partai Golkar, Andi Faisal Sofyan Hasdam (peraih suara tertinggi di Pileg Bontang 2019) sebagai ketua DPRD definitif untuk lima tahun kedepan.

Menanggapi hal itu, Nursalam mengaku tak mau ambil pusing terhadap persoalan peralihan jabatan ketua. Karena menurutnya jabatan itu hanya bersifat sementara.

"Sebagai kader yang baik saya harus tunduk dan patuh terhadap aturan partai," ucap Ketua DPRD Bontang  periode 2011-2015 itu saat dikonfirmasi via telepon, Selasa (10/9) siang.

Nursalam menegaskan, setelah masa jabatannya sebagai ketua DPRD Sementara berakhir. Ia tidak ingin menjabat unsur pimpinan di DPRD selain menjadi anggota biasa, yaitu anggota Komisi II.  

Nursalam beralasan, langkah itu ditempuh karena ingin memberikan kesempatan kepada kader Golkar yang lain untuk memegang unsur pimpinan di DPRD.

Nursalam menambahkan, sesuai regulasi Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang pedoman tata tertib DPRD yang ditamatkan kepada dirinya sebagai Ketua DPRD Sementara.

Ada empat tahapan yang harus diselesaikan, pertama, memimpin rapat-rapat anggota dan membentuk Fraksi, keduanya sudah dilaksanakan.

Kemudian membentuk tata tertib (tatib) DPRD sudah dalam tahapan dan sesuai jadwal per 31 September akan segera diparipurnakan.

Keempat mengajukan surat ke Gubernur untuk pengesahan pimpinan DPRD definitif, kemudian pelantikan. 

"Setelah semua tahapan selesai baru tugas saya sebagai Ketua DPRD Sementara berakhir dan kembali menjadi anggota biasa," terang Nursalam. (Sena) 


share on: