Tersisa 3 Bed Kosong, RS Satelit Menggantung. RSUD Bontang Putuskan Tambah Ruang Isolasi

share on:
Plt Wakil Direktur Pelayanan RSUD Taman Husada dr Niken Titisurianggi

UPDATEINDONESIA.COM- Wacana Pemkot Bontang, Kaltim untuk menjadikan Hotel Grand Mutiara sebagai RS Satelit untuk penanganan pasien Covid-19 hingga saat ini belum ada kejelasan.

 

Sementara warga terkonfirmasi positif Covid-19 terus meningkat. Hingga Selasa (27/10), angkanya sudah mencapai 974 kasus. Dari jumlah tersebut, 726 kasus sembuh, 44 kasus dalam perawatan di rumah sakit, 183 isolasi mandiri, 21 angka kematian.

 

Guna mengantisipasi kasus outbreak atau peningkatan insidensi kasus yang melebihi ekspektasi normal secara mendadak. RSUD Taman Husada memutuskan untuk menambah ruang isolasi.

 

"Keputusan ini diambil setelah melihat ruang isolasi yang ada sekarang tersisah 3 bed kosong dari 16 yang ada," kata Plt Wakil Direktur Pelayanan RSUD Taman Husada dr Niken Titisurianggi.

 

Tambahan 10 ruang isolasi tersebut berada di ruang Cempaka lantai 4 RSUD. Ruangan yang sebelumnya diperuntukan untuk perawatan anak itu dialihkan ke Seruni.
 

Saat ini, sambung Niken, ruangan untuk pasien Covid-19 tersebut masih tahap pembenahan, seperti pemasangan sekat maupun CCTV dan monitor pasien serta penambahan kipas angin karena AC ruangan bakal dimatikan.
 

"Targetnya minggu depan sudah selesai," ujarnya.
 

Nantinya, pasien Covid-19 yang keluar masuk disiapkan lift khusus dan isolation transport sebagai upaya menghindari dengan pasien non Covid-19 maupun pengunjung.
 

Untuk merealisasikan skema tersebut, RSUD Taman Husada membuka rekrutmen tenaga medis. Meliputi 5 dokter umum, 16 perawat, 4 orang analis laboratorimu dan bidan, dan dua orang Apoteker.
 

Syarat dan ketentuan yakni bersedia ditempatkan di ruang perawatan Covid-19, mendapat izin dari kedua orangtua, tidak dalam kondisi hamil, tidak memiliki riwayat penyakit Comorbid, dan usia maksimal 25 tahun.
 

"Penerimaan berkas lamaran mulai dibuka hari ini sampai 9 November. Diharapkan awal Desember sudah mulai bekerja," tungkasnya. (*).


share on: