Tuan Rumah Bontang Gagal Penuhi Target Juara Umum MTQ Kaltim

share on:
Pengumuman juara umum MTQ ke 42 Provinsi Kalimantan Timur

UPDATEINDONESIA.COM- Ambisi tuan rumah Bontang untuk meraih juara umum Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 42 Provinsi Kalimantan Timur, sirnah. Berdasarkan pengumuman dewan juri pada malam penutupan, Selasa (8/6) malam. 

Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali dinobatkan sebagai juara umum dengan perolehan nilai 83. Mengungguli tuan rumah Kota Bontang yang berada di peringkat kedua dengan nilai 74. Disusul Kota Samarinda di peringkat ketiga dengan nilai 70 dan Kota Balikpapan dengan nilai 55.

“Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali menyabet juara umum MTQ tingkat Kaltim dengan nilai 83. Ini keempat kalinya Kukar menjadi juara umum,” tutur Wakil Koordinator Dewan Hakim, Sidiq Amrillah.

Sebelumnya, Wali Kota Bontang, Basri Rase dalam pernyataanya ke sejumlah media beberapa waktu lalu mematok target juara umum. Namun hasil berkata lain, Bontang hanya mampu menepati posisi runner up.

Meski demikian, Pemkot Bontang tetap berkomitmen untuk memberikan reward berupa uang tunai kepada peserta yang menjuarai lomba MTQ. Reward juga akan diberikan kepada pelatih yang anak didiknya menang lomba.

"Ini janji saya, pasti akan kami beri reward. Tidak hanya peserta saja tapi juga pelatihnya. Nominal akan disesuaikan," ujar Basri Rase. Sayangnya, ia enggan memberikan bocoran berapa kisaran bonus yang akan diberikan nantinya. 

Sebagai informasi, MTQ ke 42 Kaltim diselenggarakan sejak tanggal 3-8 Juni 2021 di Gedung MTQ, Kompleks Stadion Bessai Berinta Kota Bontang. Ajang Syiar islam ini diikuti 720 kafilah dari sembilan Kabupaten/Kota di Kaltim. 

Meliputi, Kota Bontang, Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kabupaten Kutai Barat (KUbar), Kabupaten Paser, dan Kabupaten Berau. Perhelatan MTQ ke-43 tahun 2022 digelar di Kota Samarinda. (*)