Update COVID-19 Kaltim, Tren Sembuh Meningkat

share on:
Ilustrasi uji sampel corona

UPDATEINDONESIA.COM- Tren pasien sembuh dari COVID-19 di Kalimantan Timur (Kaltim) dalam tempo tiga hari terakhir mengalami peningkatan. 

Berdasarkan data yang dirilis Tim Gugus Tugas Pemprov Kaltim, akumulasi pasien sembuh sejak 19 Mei hingga hari ini, Kamis 21 Mei, jumlahnya mencapai 20 kasus. Sementara kasus terkonfirmasi positif sebanyak 11 orang.

Dengan demikian total keseluruhan pasien yang telah dinyatakan sembuh per 21 Mei mencapai 96 jiwa dari 266 total kasus positif, dan tiga kasus kematian.

Dikutip dari laman Instagram Pemprov Kaltim, Balikpapan menjadi daerah tertinggi terpapar virus korona. Total keseluruhan kasus positif di Kota Minyak ini mencapai 50 jiwa, 33 diantaranya dinyatakan sembuh, dan dua angka kematian.

Kemudian disusul Kabupaten Kutai Kartanegara dengan 44 kasus positif dan enam sembuh. Selanjutnya, Samarinda dengan 38 kasus positif, 25 sembuh serta satu angka kematian.

Sementara Kabupaten Kutai Timur berada di urutan keempat kasus tertinggi. Total kasus positif di daerah berjuluk Tuah Bumi Untung Banua itu saat ini mencapai 45 jiwa. Empat kasus diataranya telah dinyatakan sembuh.

Kabupaten Berau berada di bawah Kutai Timur dengan 34 total kasus positif dan satu sembuh. Disusul Kabupaten Kutai Barat dan Penajam Paser Utara (PPU) dengan masing-masing 19 kasus terkonfirmasi positif. Jumlah kasus sembuh di dua wilayah ini yaitu PPU 11 kasus dan Kutai Barat lima kasus.

Selanjutnya, Kabupaten Paser berada di posisi terendah ketiga setelah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) dan Bontang. Jumlah orang positif terinfeksi virus corona di Tanah Paser sebanyak 15 kasus, dan lima orang diantaranya telah dinyatakan sembuh.

Sementara itu, Bontang sejauh ini baru mengantongi 12 kasus positif, 6 kasus diantaranya telah dinyatakan sembuh. Mahulu satu-satunya wilayah yang tidak terpapar virus corona di Kaltim sejak waban ini merebak di penjuru dunia. 

Secara nasional, total penduduk Indonesia yang terkonfirmasi terjangkit virus corona mecapai 20.162 jiwa, setelah hari ini terjadi penambahan sebanyak 973 kasus. 4.838 jiwa diantaranya telah dinyatakan sembuh dan 1.278 angka kematian. (rus)


share on: